dee's file

some things are better left unsaid...

Tuesday, October 09, 2007

Some progress

Sejak masuk kelas Playgroup, ada beberapa kemajuan yang perlu bunda catat, satu hal yang harus terus bunda ingat, bahwa setiap anak adalah pribadi yang unik, tidak dapat disamaratakan. Sungguh sesuatu yang sangat sulit untuk diterapkan. Karena kebanyakan ibu, selalu ingin anaknya bisa lebih segalanya dari anak yang lain.

Saat ini, Razan sudah mulai membaca angka, dimanapun dan kapanpun, di TV, di majalah, di jalan raya, di billboard iklan, dan bahkan nomor pintu taxi juga sudah bisa dia baca. Lucunya, Razan membaca dari arah kanan ke kiri, dan bukan dari kiri ke kanan. Jadi waktu kita lewat mall yang banyak banner dengan tulisan diskon 70 %, Razan membacanya dengan 0 - 7, kemudian nomer pintu taxi juga begitu, nomer pintu 423 dibaca 3 - 2 - 4. Mmmh... bunda agak sedikit kuatir, tapi ayah menenangkan dengan memberi sedikit pengertian ke Razan - bahwa bahasa Indonesia & Inggris membaca dari kiri ke kanan, dan bahasa Arab (untuk mengaji) baru dari kanan ke kiri. Untungnya sekarang mulai bisa Razan membaca angka dari kiri ke kanan ;) Walau kadang masih juga bunda dengar dia baca dari kanan ke kiri.
Oya, kenapa bunda kuatir, karena kalau kita sedang bermain dengan puzzle hurufnya, sepertinya agak sulit sekali Razan menangkapnya. Dimulai dari A B C, kalau Razan membaca ulang sendiri, pasti semaunya aja, kadang betul dia baca A B C, kadang dia baca B C A, atau sebaliknya. Okelah, bunda tidak mau terlalu memaksakan, mungkin memang belum saatnya dia belajar huruf dan lantas bisa lancar membaca. Tapi bunda jadi penasaran, apa ada ibu lain yang mempunyai anak dengan kemampuan awalnya seperti Razan ini ya?

Salahsatu kegemaran Razan selain mainan adalah membaca (:hanya melihat gambar di majalah/buku). Maksudnya kalau ada buku/majalah baru, pasti akan di scan dulu gambarnya oleh Razan, kemudian dia akan minta bunda/ayah/tantenya untuk membacakan, dan ini berlaku untuk semua buku/brosur yang dia lihat -yang ada atau tidak ada tulisannya-Razan pasti akan minta dibacakan, nah jadi tinggal pintar-pintarnya sang pembaca berimajinasi menyusun cerita untuk Razan ;) Dan kalau ceritanya itu lucu dan seru, pasti dia akan minta di ulang, terus dan terus. Razan juga senang sekali bermain tebak gambar & bayangannya, itu lho permainan mencocokkan gambar dengan bayangannya. Mungkin karena itu kemampuan Razan membaca gambar juga luar biasa. Sekali dua saja kita menunjukan beberapa gambar pasti dia langsung hafal.

Kemampuan berbicara Razan melebihi anak seusianya, ini sudah mulai terlihat sejak Razan belum lagi lancar berjalan. Pertanyaan-pertanyaan sulit yang seringkali membuat bunda takjub, sudah tak terhitung lagi. Apa artinya logika, kenapa makan itu harus sambil duduk, kenapa banyak pengamen di setiap lampu merah dan bis-bis, dan kenapa - kenapa lainnya, sebisa mungkin bunda jawab dengan bahasa yang paling mudah dimengerti oleh anak seumur Razan. Permainan lawan kata, adalah salah satu favorit Razan yang membuat bunda harus banyak lebih banyak membaca dan HARUS lebih kreatif lagi mencari kata-kata baru.

Nah, bagaimana dengan anak anda? Ada yang bersedia sharing dengan saya? Monggo ya, ditunggu sharingnya..

Labels:


0 Comments:

Post a Comment

<< Home